Welcome to My Blog "SABRIANAH BADARUDDIN"

Senin, 11 Juni 2012

Warga Temukan Peninggalan Diduga dari Majapahit

Headline


Jombang - Warga Desa Gondek Kecamatan Mojowarno, Jombang menemukan benda purbakala berbentuk gerabah tumpuk. Kuat dugaan, benda yang mirip sumur itu peninggalan dari kerajaan Majapahit. Penemuan itu dilakukan secara tidak sengaja, yakni saat warga menggali tanah untuk membuat genting.

Penemuan itu bermula ketika Sya'roni (40), beserta teman-temannya menggali tanah untuk pembuatan genting. Awalnya, penggalian itu berjalan lancar. Namun saat sudah mencapai beberapa meter, mata cangkul Sya'roni menghantam benda keras. Anehnya, benda keras itu tertanam hingga ke bawah. Warga Gondek ini melakukan penggalian dengan hati-hati.


Nah, saat itulah para penggelai menemukan benda seperti gerabah yang terbuat dari tanah liat. "Gerabah itu tumpuk 11. Mungkin dulunya, gerabah tersebut digunakan untuk mandi raja," kata Sya'roni sembari menunjukkan situs yang dimaksud, Senin (11/6/2012).


Benda yang diduga peninggalan kerajaan Majapahit itu berbentuk menjulang ke atas, beridiameter 75 sentimeter dan ketebalan 40 sentimeter. "Bentuknya panjang. Bahkan benda ini masih tertanam ke tanah sebagian. Kami tidak berani meneruskan penggalian, takut rusak," tambahnya.


Temuan itu pun menyebar ke masyarakat. Selanjutnya, warga beramai-ramai untuk melihat benda tersebut dari dekat. [beritajatim.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sebelumnya telah berkunjung ke my blog "Anak Bangsa Berkarya".
Berkunjung lagi ya kali lain! Silahkan memberi komentar atas postingan yang ada!